Oleh: btqsman1grati39 | Januari 3, 2012

RPP BTQ

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

 

Mala Pclajaran                         : Baca Tulis Al Quran

Topik / Materi                         : Bacaan qolqolah

Kelas / Semester                      : X / Genap

Alokasi waktu                         : 2 x 45 menit

 

Standart Korapetensi             : Mengidentifikasi, mendiskripsikan dan menerapkan

Bacaan tajwid dengan baik dan benar dalam membaca Al Quran

Kompetensi dasar                   : Mengidentifikasi, mengucapkan / melafalkan dan

Menerapkan bacaan qolqolah

 

I.   Indikator

1.   Menyebutkan huruf – huruf qolqolah

2.   Mengucapkan / melafalkan bacaan qolqolqh

3.   Menyebutkan bacaan qoiqolah pada Al Quran juz 23

4.   Menerapkan bacaan qolqolah dengan baik dan benar pada Al Quran juz 23

 

II. Tujuan Pcmbclajaran

1.   Siswa dapat menjelaskan pengerian bacaan qolqolalh

2.   Siswa dapat menyebutkan huruf- huruf qolqolah

3.   Siswa dapat menyebutkan bacaan qolqolah pada Al Quran juz 23

4.   Siswa dapat menjelaskan alasan bacaan qolqolah pada Al Quran juz 23

5.   Siswa dapat menerapkan bacaan qolqolqh dengan baik dan benar pada Al Quran

juz 23

 

III.   Materi pcmbelajaran

Al Quran juz 23

Qolqolah artinya memantul atau bergoyang

Hurufnya ada 5 yaitu: د ج ب ط  ق

القلقلة:

لغة: الاضطراب. واصطلاحًا: هو اضطراب المخرج عند النطق بالحرف ساكنًا حتى يسمع لـه  نبرة قوية, وحروف القلقلة خمسة, وهي [قطب جد].

وشرط القلقلة هو السكون, ومراتب القلقلة ثلاثة, وهي:

–         أعلاها: المشدد الموقوف عليه. مثل } إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْقَصَصُ الْحَقُّ{([1]).

–         أوسطها: الساكن الموقوف عليه. مثل: } قُلْ مَنْ حَرَّمَ زِينَةَ اللَّهِ الَّتِي أَخْرَجَ لِعِبَادِهِ وَالطَّيِّبَاتِ مِنَ الرِّزْقِ{([2]).

–         أدناها: الساكن في وسط الكلمة. مثل: } لِيَقْطَعَ طَرَفاً مِنَ الَّذِينَ كَفَرُوا {([3]).

 

IV.   Skcnario Pcmbelajaran

1.   Strategi Pembelajaran                           :         Kooperatif dan interaktif

2.   Metode Pembelajaran                           :          Penugasan, diskusi dan demontrasi

3.   Langkah-langkah Pembelajaran           :

 

a.    Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit)

  • Doa, salam dan presensi
  • Guru memotifasi siswa dengan menanyakan sejauhmana pemahaman siswa tentang qolqolah
  • Guru menuliskan topik tentang qolqolah
  • Guru menyampaikan indukator keberhasilan yang akan dicapai pada pertemuan ini

 

b.   Kegiatan inti ( 70 menit)

  • Guru menjelaskan tentang pengertian qolqolah
  • Guru membagi siswa kedalam kelompok kooperatif
  • Gunrmembagi ayat – ayat pada juz 23 menjadi sejumlah kelompok kelas
  • Siswa secara berkelompok bekerja mencari bacaan qolqolah dalam juz 23
  • Siswa secara berkelompok bekerja mencari alasan bacaan qolqolah dalam juz 23
  • Setiap perwakilan siswa mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas ^   Siswa mendiskusikan hasil kerja kelompoknya
  • Siswa mempraktekkan bacaan qolqolqh pada Al Quran juz 23

 

c.    Kegiatan Penutupan ( 10 menit)

  • Guru memberi penghargaan bagi kelompok yang memiliki kinerja yang (hiru meminta siswa menyimpulkan apa yang telah dipelajari
  • Doa lan salam

 

 

V.        Sumber dan Materi Pembelajaran

1. Al – Qur’an

2. CD Holly Qur’an

3. Buku Tajwid

 

VI.       Evaluasi

1. Jenis tagihan                        : Penugasan

2. Bentuk Instrumen               : Tugas kelompok

3. Contoh Instrumen :

 

Tugas !

l. Carilah bacaan qolqoloal pada juz 23 yang sudah dibagi menurut kelompok

anda !

2. Berilah alasan bacaan qolqolah pada juz 23 yang sudah dibagi tersebut!

 

Skor Penilaian :

Kalimat yang menunjukkan qolqolqh tepat nilainya 40

Jumlah kalimat yang dimaksud tepat nilainya 20

Alasan bacaan yang dimaksud tepat nilainya 40

 

 

                                                      Grati,  9  Januari 2012

            Mengetahui,

Kepala UPTD Pendidikan

SMAN 1 Grati

 

 

 

            Drs. T. SUDRADJAT, M.Pd

NIP. 19580605 198103 1 029

            Guru Mata Pelajaran BTQ

 

 

 

 

            AAN AS’ARI, S.Ag.

NIP. 19790705 201001 1 015



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: